6.8.08

Indonesian Band Stage Act

Masih sekitar belantika musik tanah air (halah2 bahasanya), kali ini gw bakal ngebahas tentang stage act/stage performance or whatever it is. And, yang gw bahas hanya yang bagus aja ya. And here is the nomination:

1. Nidji

2. Changcutters

3. Maliq & D’essentials

4. RAN

5. Tompi

5 nama diatas adalah nama yang menurut gw menawarkan penampilan sangat bagus ketika live (berarti bukan saat mereka lyp-sinc atau minus one).

Nidji: Giring yang sangat expresif dan improve yang ada terhadap lagu membuat stage act Nidji selalu menjadi perhatian, apalagi dengan tongkat satpam dan tarian has Giring. Nidji jelas menawarkan sebuah hiburan.

Changcutters: Band ini kayaknya lagi istirahat deh, setelah waktu itu banyak amet shownya, changcutters juga mempunyai kekuatan utama di vokalisnya yang expresif, tapi setelah sering memerhatikannya, lama2 bosen juga karena improve selalu sama di setiap show. Jadi menurut gw kuranglah.

Maliq: Band kesukaan gw, jelas lagu yang bikin goyang dan yang pastinya improve dari maliq selalu beda (mungkin gak selalu) dan improve mereka bukan main kerennya. Mereka dapat membuat lagu mereka seperti lagu baru yang belum pernah gw denger, sehingga penonton tidak bosan, mereka pun juga. Pokoknya, Maliq is the king for improve.

RAN: Kalo nonton RAN live, yang udah pasti itu crowded dan gak bisa kalo gak joged. Emang dasarnya RAN itu lagunya udah enak jadi tanpa improve pun sebenernya udah bagus. Tapi RAN keseringan tampil dengan minus one, tapi coba liat RAN saat tampil bersama additionalnya, keren bukan maen. Ada yang sampe keinget terus ma gw, saat RAN tampil di Monday Soundsation, mereka dance, stagenya keren, dan improvenya itu belum pernah gw denger. Selain itu saat mereka menyanyikan lagu Utopia di acara DUET, beh bukan main, mereka membuat seakan lagu itu adalah lagu mereka. Dan dance nya mereka bukan maen.

Tompi: Stage performance Tompi akan keren pada saat dia bersama bandnya yaitu Groovology. Kenapa? Karena akan ada improve yang bahkan tidak mereka rencana kan, seperti scatting bersama gitaris yaitu Ari, lalu biasanya bandnya akan melakukan solo tiap personilnya, lalu tompi juga akan melakukan suara bayinya dan beberapa nada akan diubah olehnya. Pokonya keren.


Kesimpulannya: menurut gw semua yang gw sebut diatas mempunyai ciri dibanding band lain karena mereka membawakan lagu dengan versi yang berbeda dengan yang ada di album sehingga menawarkan sesuatu yang baru dan mereka juga melakukan komunikasi dengan penonton. Bukan berarti band lain jelek Livenya, hanya saja yang gw sebut diatas lebih baik. Seperti J-rocks, Seurieus, dll juga mempunyai performance yang bagus, sayang tidak ada improve dan biasanya vokalis kurang menghanyutkan.

No comments:

Powered By Blogger