6.8.08

Acara Musik di Indonesia

As you guys know, perkembangan musik di Indonesia sangat pesat sekali dalam beberapa tahun terakhir. Mungkin tidak semuanya bagus, tapi setidaknya mereka ada sebagai pilihan. Bila kita balik ke 10 tahun yang lalu, di mana masih jamannya Sheila on 7 dan Padi, musik Indonesia sangat terpuruk, mungkin jumlah band dapat dihitung dengan jari (tangan dan kaki).

Sekarang semua berubah, dan seiring dengan perubahan itu, acara musik yang menawarkan band manggung sangat banyak. Selain itu acara yang menawarkan chart lagu terlaku di Indonesia juga banyak. Dengan berbagai packaging dan segalanya, jadilah acara yang bagus. Tapi ada juga yang kurang bagus. Beberapa point yang dapat menjadikan acara itu bagus adalah:

1. Stage yang bagus

2. Lightning yang bagus

3. Presenter yang bagus

4. Rundown acara yang tidak bikin boring

5. Ya band yang mainlah, harus bagus

Beberapa acara yang menurut gw kurang bagus adalah Klik (ANTV), Show-showan di Indosiar, Zona 80’s, dan lainnya. Menurut gw Klik mempunyai potensi yang bagus sayang packagingnya rada maksa. Zona 80’s juga begitu sayang, presenternya kurang bagus. Yang di Indosiar, gw rasa lu pada udah tahu kenapa itu acara jelek.

Nah, yang bagus menurut gw adalah DUET (Global TV), Monday Soundsation (Global TV), Tamu Istimewa (Global TV). Bila diperhatikan semuanya berasal dari Global TV. Jelas, Global TV sendiri bisa dibilang adalah MTV nya Indonesia, jadi harus kuat dalam hal musik. Sekarang mari kita bahas satu-satu.

Duet: Mengapa acara ini bagus? karena dia menawarkan format yang baru dalam menyajikan Live Music. Dua band/musisi beda aliran diadu untuk bermain bersama bahkan membawakan lagu lawannya. Bayangkna saja Tompi harus menyanyikan lagu Seurieus. Atau Upstairs membawakan lagu Maliq & D’essentials. Mereka juga harus membawakan dengan arransemen mereka sendiri, sehingga selalu ada yang baru di setiap episode. Saat ini acara Duet ditayangkan pukul 20.00 setiap hari Selasa dan Rabu, dan ditayangkan ulang pukul 12.00 hari Minggu. Episode terbaik menurut gw adalah saat Upstairs duet bersama Maliq dan RAN duet bersama Utopia. Acara berdurasi 1 jam ini juga didukung dengan stage, sound, dan lightning yang bagus sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

Monday Soundsation: Pertama, Acara ini ditayangkan pukul 22.00 setiap hari Senin. Sebenarnya tidak ada yang baru dari acara ini, ada Live Music dan chart. Tidak beda jauh dengan acara seperti Inbox, Dasyat, dan Klik. Yang membedakan adalah pertama, mereka tidak lyp-sinc, dan stage yang sangat bagus. Mengapa sangat bagus? Sebenarnya stage yang berlokasi di EX ini sangat kecil, namun lightningnya itu sangat berwarna-warni dan band yang main pun bukan sembarang band. Sedangkan acara yang gw sebut diatas tadi biasanya lyp-sinc dan stagenya itu jelek (di dalam studio). Acara ini juga menawarkan chart, walaupun segment ini bukan menjadi fokus utamanya.

Tamu Istimewa: Acara ini jelas mempunyai format berbeda, karena Live Music hanya terkesan sebagai bonus, yang penting adalah bagaimana tiap sekolah dapat memberikan yang terbaik bagi musisi tersebut. Musiknya jelas Live dan gw suka ngliatin penampilan dari tiap sekolahnya sendiri. Gw gak afal kapan nih acara tayang, kayaknya setiap Minggu siang dan tayang ulang hari Kamis malem banget.


No comments:

Powered By Blogger